Sabtu, 20 November 2010

- Angka 5 -



Nih, gara2 ini nih aq jadi tertarik nulis tentang angka 5. Ngantri ke dokter gigi, dapetnya angka 5. Nggak cuma kali ini aja aq ketemu angka 5 lagi. Kalau di ceritain semua bakal sampe besok bacanya. Nah, yang kejadian terakhir kali ini yang mengusik q untuk bertanya2 "Hah, 5??". Emang ga ada niat mau ngapa2in juga, cuma lucu aja angak 5 udah melekat, udah nempel gtu di moment - momentq. "My Lucky number is Five".

Hemmm…memang kalau ngomongin angka 5 nggak ada habiznya nih. Aq juga nggak tahu kenapa. Angka 5 ini selalu ada di setiap momentq. Emang nggak semua mua juga, cuman kok sering aja gitu ada sesuatu yang berhubungan ma angka 5. Kalau dikaitkan sama nilai, angka 5 termasuk nilai merah a.k.a jelek (ad yg blg di bwh rata2). Aq pernah dapet angka merah ini, bikin ciut nyali bukan pas ngadepin bpk or ibu melainkan pas ngadepin Matul. Kok bisa?? Jangan tanya kenapa!!!!. Setelah kejadian itu jadi kapok deh! Eh malah ngelantur to… Back to the point. Sedangkan kalau dikaitkan sama range angka dari 1 – 10, angka 5 berada di tengah. Mungkin artinya si ‘5’ ini sebagai penyeimbang kali ya (ya’e loh!). Nah sekarang apa hubungannya angka 5 sama aq coba??

Apakah karena tanggal lahirq yg make’ angka 5 ya?? Mungkin juga sih... tapi kalau ditelusuri lagi, angka 5 ini memang punya andil dalam beberapa moment tertentu. Dan semenjak aq ngerasa angka 5 ini jadi peruntungan baikq, aq jadi semakin suka sama ini angka. Nggak tahu kenapa. Coba kita (aq ding!) telaah lebih dalam lagi hal – hal baik apa saja yang berhubungan dengan angka 5.

Yang ada hubungannya dengan ’5’ antara lain :
1. ”Give me a five!” a.k.a “Tos”
Ketika seseorang meluapkan perasaan gembira, senang, puas akan suatu kemenangan, keberhasilan, kesuksesan atau hal – hal yang berbau euphoria kebanyakan akan melakukan tindakan seperti ini. Menyentuhkan secara keras telapak tangan pada telapak tangan orang lain hingga menimbulkan suara ‘plek’ merupakan salah satu bentuk luapan emosi. Angka 5 berperan penting. Jika telapak tangan tidak di buka sehingga menampilkan kelima jari tangan yang menengadah maka tidak akan terdengar bunyi ‘plek’ yang menandakan gerakan ini sudah dilakukan dengan baik. So, mungkin bisa dikatakan angka 5 di sini adalah peluapan kegembiraan, penunjuk kesenangan atau kegembiraan yang dirasakan oleh seseorang kepada orang orang lain.

2. “Bye..” a.k.a “Daahh…”
Mengucapkan salam perpisahan bisa dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah ucapan “Bye” atau “Daahh..”. Terkadang kata – kata tersebut juga diikuti sebuah pengharapan untuk pertemuan kembali, seperti “See You Later” atau “Sampai Ketemu lagi”. Bahasa verbal tersebut sering dibarengi dengan gerakan lambaian tangan. Lima jemari tangan yang terbuka ini bisa diartikan sebagai penegasan dari bahasa verbal yang baru saja di ucapkan. Maka angka 5 pun turut berperan dalam bahasa verbal ini, itu sebagai sebuah penegasan akan sesuatu yang bersifat verbal.

3. “Star” a.k.a “Bintang”
Ok. Ini bukan hanya karena aq sangat suka dengan bintang, tetapi ternyata tanpa aq sadari angka 5 itu ada di bagian bintang. Coba perhatikanlah gambar sebuah bintang. Tampak ada 5 buah sudut yang menyatu membentuk sudut – sudut yang kemudian menghasilkan bentuk bintang. Heemmm.. keren kan?!. Selain itu sering kali qt mendengar ada yang mengatakan tentang ukuran sebuah taraf tempat umum (hotel, restoran, cafe, mall dll) ”Kelas Bintang 5”. Atau ada juga yang menggunakan kata 5 pada penyebutan suatu jabatan tinggi ”Pangkat Bintang 5”.
Jika aq boleh menyimpulkan angka 5 di sini sangat ‘prestigious’ dan ‘lux’. Sesuatu yang sangat berharga, mempunyai tingkatan nilai tinggi. Hemm jadi makin cinta sama angka 5 nih!!

4. ”Handshake” a.k.a ”Jabat Tangan”
Qt sebagai orang timur sangat menjunjung tinggi budaya, khususnya di Indonesia. Nah salah satu budaya qt adalah ”Jabat Tangan”. Berjabat tangan adalah suatu bentuk kesepakatan, penyambutan, keakraban, perdamaian, dan kehormatan. Tangan yang saling menggenggam inilah yang semakin memperkuat peran angka 5 dalam mengisi kehidupan manusia.

5. ”Tepuk Tangan”
Peran angka 5 di sini sangat terlihat jelas. Bertepuk tangan. Gerakan yang menepuk – nepukkan kedua telapak tangan hingga menimbulkan suara riuh ini memberikan suatu kesan baik. Biasanya orang akan bertepuk tangan ketika merasa senang, bahagia, bangga, kagum, dan juga disaat memberikan semangat kepada orang lain. Bahas verbal yang biasanya terdengar saat orang – orang bertepuk tangan diantaranya ”Ayo, kamu bisa!!”, ”Horrreeeee!!”, ”Wow..keren!” dll.

Tuh kan, angka 5 juga ada bagusnya. Jadi nggak cuma dikenal karena angka merah doang. Yah angka 5 punya kelebihannya sendiri. Angka 5 juga punya andil dalam kehidupan ini. Meskipun terkadang orang – orang tidak terlalu memperhatikan kontribusi angka 5 di saat mereka menjalani hari – harinya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa angka 5, hidup ini tidak berwarna. Aq menulis ini bukan bermaksud apa – apa. Aq menulis karena aq hanya sedang ingin melihat lebih jauh arti angka 5 dalam kehidupanq. Jika bagi orang lain angka 5 tidak berarti apa – apa, bukanlah menjadi persoalan untukq. Masing – masing pribadi punya pemikiran, pendapat atau penjelasan yang berbeda – beda. Perbedaan menjadi lebih indah jika disikapi dengan damai, ya kan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar