Senin, 11 April 2011

workshop bersama Raditya Dika di USM Semarang

Sabtu, 09 April 2011

Sekarang aq dan Nunik kembali bepergian ke Semarang. Untung baca retwitt-an dari @infoSmg kalau bakal ada workshop penulisan bersama Raditya Dika. Waahhh...nggak boleh dilewatin juga nihhh! Oke. meskipun jarak tempuhnya lebih deket daripada kalau ke Yogya, aq tetep planning berangkat sepagi mungkin.
Pukul 06.00 wib aq dan Nunik janjian ketemu di daerah Bandungan, untuk mempersingkat waktu sih. Dapet bis sekitar 30 menit kemudian. Atas saran dari Bapak qt turun di Tugu Muda terus nyambung pake taxi. Eh ternyata rada susah cari taxi di Tugu Muda, tau gitu turun di RS Kariadi aja..Ya udahlah besok2 udah tau sendiri.
Sampai di lokasi pukul 08.15 wib. Nggak telat sih soalnya belum mulai juga. Eh tapi aq nggak nyangka loh sama temen2 panitia USM. Memang sebelumnya aq udah menghubungi salah satu panitianya dan mereka bilang akan membantu bila aq perlu bantuan. Tapi nggak nyangkanya tuh belum turun taxi aja udah ada yang nyamperin and nanya ”Galuh ya? yang pake kursi roda?” Waaahhh...aq terharu. Sampe segitu carenya mereka *hikz* Di dalem pun semua welcome loh! Terus bisa kenalan dengan temen2 dari USM Semarang juga.



Nah, yang ditunggu2 akhirnya dateng juga deh! Raditya Dika. Menurut pengakuannya dia belum tidur sama sekali jadi rada2 lemes. Oke deh, tapi setelah mulai bicara kok nggak ada lemes2nya ya..malah kayak ful energi gitu. Haha..gimana enggak orang dia ceritanya sampe mengebu2 gitu. Wah...yang kemaren dateng pasti tau deh gimana Raditya Dika berhasil mengocok perut peserta workshop. Dan ada juga yang sampe nangis2 saking ngakaknya (sebelahq : baca: Nunik). Salah satu celetukan Nunik pas Radit cerita2 tentang cowok & cewek:
”Bener banget! Bener!” Sambil megangin perutnya dan nunduk2 nggak jelas. ”Emang bener, cowokku juga bilang gitu kalo aq lagi nangis. Kamu tuh jelek tau kalo nangis!”
Aq yang dengerin omongannya Nunik tanpa mengalihkan perhatian ke stage ikutan ngekek tanda mengiyakan. Padahal sebenernya baru nggeh, ternyata alesannya cowok tuh itu kalau liat cewek nangis. *GUBRAX*
Kelar bercerita pengalaman2 gokil n begonya yang macem2. Sampe deh di sesi tanya jawab. Di sini dia ngasih banyak masukan atau ilmu2 mnulisnya. Aq coba inget2 apa aja yang dia share ya, tapi karena nggak semuanya aq inget jadi seingetq aja. oke? okelah!

Ketika kita kebingungan dalam alur cerita, lebih baik kita coba untuk membuat plotnya terlebih dahulu. Misalnya mau bikin cerita yang dibikin menjadi 3 bagian. Dibikin plotnya dulu aja, bagian I isinya tentang pengenalan tokoh, karakter. Mau dibikin berapa halaman. Terus bagian II tentang konflik atau permasalahan yang dihadapi. Bagian II solusi, pencapaian dsb. Guna plot di sini selain sebagai rancangan awal, juga bisa sebagai arah kemana cerita ini akan berlanjut. Jika ditengah2 cerita mentok, buntu nggak tau musti nulis apalagi, begitu tau plotnya pasti akan menemukan kembali alur cerita selanjutnya.

Anyway, saat Raditya Dika ngomongin plot. Aq teringet twitt dari @deelestari tentang mindmap. Sama ternyata gambaran plot itu seperti apa. Ya kayak orek2an gitu deh. Tapi menurutq lebih terstruktur dan jelas kemana atau apa dan bagaimana saja yang perlu dilakukan. Lalu, aq tergelitik untuk bertanya tentang ’mood’ menulis. Untuk yang ini klik di www.kompasiana.com/galuhayu aja ya. hehe^^

Eh dapet kesempatan foto juga nih sip^^







Kelar workshop, aq ditodong oleh Arif Pradana Kusuma a.k.a Erik Pradana buat share pengalaman2 q selama ini. Sebetulnya sebelum acara qt sempet ngobrol juga tapi berhubung si Arif ini masih ada tugas yang harus dilaksanakan jadinya pas sorenya deh!

Oiya, pas perjalanan pulang (naek taxi soalnya bis ke Bandungan udah abis. Kyyaaa*mahal chyyyn*) aq ma Nunik ngobrol ngalor ngidul lagi. Dan pas aq ngomong ”Kalau tadi dikasih kesempatan untuk sesi Foto! Kalau yang kemaren kok enggak ya?”
”Ya, yang Marchella Zalianty kan artis beneran.”
”Heh??” aq cuma nampangin muka absurd. Maksudnya apa coba? Untung Raditya Dikanya kagak denger. (Semoga nggak ngebaca juga*Ngik!). Aq tertawa lepas dan Nunik tetep asyik sama cemilannya. Hadeuh...bener2 ngehe’ banget ini.

Mendapatkan pengalaman berharga dalam dua event berturut turut. Seneng. Dan bersyukur karena masih bisa mengikutinya. Semoga lain kesempatan aq tetap masih bisa mengikutinya. Amin. Terimakasih untuk temen2 USM atas perhatiannya. Senang berkenalan dengan kalian semua.

^^

1 komentar:

  1. hwaa pengen peneen(T.T)/

    kapan yah da workshop kak dee n kak radit di solo :'(

    ksolo lagi hyuuk kakak :D

    nice posting, thanks mbak galuh dah share :>

    BalasHapus